Fanspage

Mengenal Satuan Pelaksana Tugas Pokok Polri

www.bimbelpolri.com. kali ini blog bimbelpolri akan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang usur pelaksana tugas pokok polri. 

Banyak yang bertanya apa sih benda antara brimob dan polisi biasa?

yah tidak salah memang, karena banyak masyarakat awam yang belum mengenal unsur satuan pelaksanaan tugas polri. jadi sederhananya begini. Brimob adalah salah satu unit yang ada dalam Kepolisian yang mempunya tugas dan fungsi sendiri dan masih dalam satu kesatuan kepolisian. Brimob berisikan anggota yang sudah di latih di Pusdik Brigade Mobil (Pusdikbrimob) untuk prajurit yang bertugas di brimob mayoritas berpangkat Tamtama di awali dengan pangkat Bharada (bhayangkara dua),Baca lagi Jenjang kepangkatan Kepolisian.  namun ada juga anggota brimob yang dari brigadir dan Perwira tergantung penempatannya. jika masih penasaran apa itu Brimob silahkan baca Mengenal Brimob .


Jadi untuk mendukung tugas pokok kepolisian di buatlah unit pelaksana tugas kepolisian, yang terdiri dari 
Unsur Pelaksana Tugas Pokok:

1. Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam), 

Bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi intelijen dalam bidang keamanan bagi kepentingan pelaksanaan tugas operasional dan manajemen Polri maupun guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri. KabaintelkamKomjen Pol. Noer Ali.


2. Badan Reserse Kriminal (Bareskrim),


Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim Polri) adalah unsur pelaksana utama Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) pada tingkat Markas Besar dipimpin oleh Kepala Bareskrim (Kabareskrim Polri) yang bertanggung jawab di bawah Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Kabareskrim Polri bertugas membantu Kapolri dalam membina dan menyelenggarakan fungsi penyelidikan dan penyidikan tindak pidana, pengawasan dan pengendalian penyidikan, penyelenggaraan identifikasi, laboratorium forensik dalam rangka penegakan hukum serta pengelolaan informasi kriminal nasional. Kabareskrim Polri saat ini dijabat oleh Komisaris Jenderal Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H., M.H. dan Wakabareskrim Polri dijabat oleh Inspektur Jenderal Polisi Antam Novambar.
Badan Reserse Kriminal (Bareskrim),
lambang bareskrim polri

Bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi penyelidikan dan penyidikan tindak pidana, termasuk fungsi identifikasi dan fungsi laboratorium forensik, dalam rangka penegakan hukum. Dipimpin oleh seorang Komisaris Jenderal (Komjen). Kabareskrim Komjen Pol Ari Dono Sukmanto

3. Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam), 

Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam)
baharkam
Bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi pembinaan keamanan yang mencakup pemeliharaan dan upaya peningkatan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri. Kabaharkam saat ini dijabat oleh Komjen Pol Putut Eko Bayu Seno.

4. Korps Brigade Mobil (Korbrimob), 

bertugas menyelenggarakan fungsi pembinaan keamanan khususnya yang berkenaan dengan penanganan gangguan keamanan yang berintensitas tinggi, dalam rangka penegakan keamanan dalam negeri. 

Korps Brigade Mobil atau sering disingkat Brimob adalah unit (Korps) tertua di dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri) karena mengawali pembentukan kepolisian Indonesia pada tahun 1945. Korps ini dikenal sebagai Korps Baret Biru Tua.

Brimob termasuk satuan elit (pasukan khusus) dalam jajaran kesatuan POLRI. Brimob tergolong sebagai sebuah unit paramiliternegara ditinjau dari tanggung jawab dan ruang lingkup tugas pokoknya.
 Korps ini dipimpin oleh seorang Inspektur Jenderal (Irjen). Dipimpin Irjen Pol Murad Ismail.
Korbrimob
Korbrimob

5. Korps Lalu Lintas (Korlantas), 

Bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi lalu lintas yang meliputi pendidikan masyarakat, penegakan hukum, pengkajian masalah lalu lintas, registrasi, dan identifikasi pengemudi dan kendaraan bermotor, serta mengadakan patroli jalan raya. Dikepalai oleh Irjen Pol Agung Budi Maryoto.
 Korps Lalu Lintas (Korlantas)
korlantas

6. Biro Operasi Polri, 

Bertugas untuk mengirimkan pasukan Brimob, Sabhara, Samapta, Satlantas, (Jihandak/Penjinak Bahan Peledak, bila diperlukan) serta sebuah tim intelijen jika ada demonstrasi, sidang pengadilan, pertemuan tingkat tinggi, perayaan hari besar oleh kelompok masyarakat, atau peresmian oleh kepala pemerintahan, kepala negara, ketua MPR, atau ketua DPR dengan mengirimkan surat tugas kepada Biro Operasi Polda setempat, Biro Operasi Polres setempat, dan Polsek setempat.

7. Detasemen Khusus 88 Anti Teror Polri (Densus 88 AT), 

Bertugas menyelenggarakan fungsi intelijen, pencegahan, investigasi, penindakan, dan bantuan operasional dalam rangka penyelidikan dan penyidikan tindak pidana terorisme. Detasemen 88 dirancang sebagai unit antiterorisme yang memiliki kemampuan mengatasi gangguan teroris mulai dari ancaman bom hingga penyanderaan. Densus 88 di pusat (Mabes Polri) berkekuatan disekitar 400 personel ini terdiri dari ahli investigasi, ahli bahan peledak (penjinak bom), dan unit pemukul yang di dalamnya terdapat ahli penembak jitu. Selain itu masing-masing kepolisian daerah juga memiliki unit antiteror yang disebut Densus 88, beranggotakan 45-75 orang, namun dengan fasilitas dan kemampuan yang lebih terbatas. Fungsi Densus 88 Polda adalah memeriksa laporan aktivitas teror di daerah. Melakukan penangkapan kepada personel atau seseorang atau sekelompok orang yang dipastikan merupakan anggota jaringan teroris yang dapat membahayakan keutuhan dan keamanan negara R.I.

Densus 88 adalah salah satu dari unit antiteror di Indonesia, di samping Detasemen C Gegana Brimob, Detasemen Penanggulangan Teror (Dengultor) TNI AD alias Grup 5 Anti Teror, Detasemen 81 Kopasus TNI AD (Kopasus sendiri sebagai pasukan khusus juga memiliki kemampuan antiteror), Detasemen Jala Mengkara (Denjaka) Korps Marinir TNI AL,Detasemen Bravo 90 (Denbravo) TNI AU, dan Satuan Antiteror BIN.

Post a Comment

0 Comments